NURUL AINI HANDAYANI
1EB22
NPM 25212522
Serunya beragam tantangan yang disuguhkan dalam sebuah permainan game digital, ternyata tidak hanya mampu menyedot perhatian masyarakat luas namun juga menjadikan permainan ini sebagai salah satu hobi yang mulai diminati berbagai kalangan.
Munculnya beragam jenis produk
gadget seperti misalnya smartphone dan komputer tablet yang sekarang ini
harganya kian terjangkau, menjadi salah satu faktor utama yang turut mendorong
perkembangan industri game digital di Indonesia. Mengapa bisa begitu? Sebab,
saat ini keberadaan digital game sudah menjadi bagian dari aplikasi
unggulan yang sering ditawarkan para produsen gadget untuk menarik minat para
konsumennya.
Bahkan tidak hanya itu saja, untuk memenuhi
kebutuhan para pecinta game digital, banyak produsen gadget yang sekarang ini
menjadikan beberapa program game terbaru dalam paket penjualan produknya.
Peluang seperti inilah yang kemudian dimanfaatkan para penyedia jasa pembuatan
game digital di Indonesia untuk berlomba-lomba mendatangkan untung maksimal
dari bisnis
game digital yang prospek pasarnya kian berkibar.
Menurut data yang diperoleh dari Internasional
Game Development Association (IGDA) Indonesia, sekarang ini sedikitnya ada
sekitar 60 sampai 70 studio pembuatan game yang tahun ini mulai eksis di
pasaran. Jumlah tersebut tentunya belum termasuk para pengembang game skala
kecil, yang jumlahnya diperkirakan juga mencapai angka ratusan. Tentu kondisi
ini menjadi bukti nyata bagi kita semua bila industri game digital di Indonesia
mengalami peningkatan hingga 100% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Biasanya produk game digital ini banyak diburu
konsumen perorangan (broker dari luar negeri), perusahaan telepon seluler, para
agensi, hingga penyedia operator telekomunikasi yang menyediakan konten game
bagi pelanggan setianya. Untuk harga jual konten game tentunya berbeda-beda,
mulai dari US$ 500 sampai US$ 10.000 tergantung dari tingkat kesulitan dalam
proses pembuatannya dan variasi tantangan yang ditawarkan. Dari harga tersebut,
biasanya para produsen game digital mendapatkan keuntungan sekitar 30% sampai
50%. Tidak hanya konsumen lokal saja yang tertarik
dengan game digital buatan para pengembang dari Indonesia. Beberapa waktu yang
lalu studio game digital asal Indonesia berkesempatan mengikuti ajang Tokyo
Game Show 2012 dan mendapatkan respon yang sangat bagus dari pasar
internasional. Rata-rata konsumen mengatakan bila produk game buatan Indonesia
tidak kalah bersaing dengan game-game digital buatan Jepang. Tentu berita ini
tidak hanya membanggakan para pengembang game di Indonesia, tetapi juga menjadi
salah satu pelecut bagi mereka untuk terus berkarya menciptakan game-game
terbaru dengan variasi tantangan yang beragam.
Semoga informasi berita bisnis yang mengangkat prospek
bisnis game digital di Indonesia kian berkibar ini bisa memberikan
tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi para pemula yang sedang
bingung mencari peluang usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
Sumber: http://bisnisukm.com/prospek-bisnis-game-digital-di-indonesia-kian-berkibar.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar