Nama:Nurul Aini Handayani
NPM:25212522
Kelas: 2EB21
Koperasi
yang ada di sekitar lingkungan saya, disebut dengan KOPKAR PT. KIC ( Kao Indonesia Chemicals). Koperasi ini
sebelum menjadi nama KOPKAR PT. KIC, adalah sebuah usaha Swadaya Karyawan yang
berdiri sejak tahun 1981. Swadaya Karyawan sama seperti halnya dengan koperasi.
Namun Swadaya Karyawan belum berbadan hukum dan kegiatan usahanya hanya
simpan-pinjam dan kegiatan sosial berupa santunan sosial kepada karyawan.
Pada tahun 2002 Swadaya Karyawan
berubah nama menjadi KOPKAR PT. KIC dan terdaftar sebagai badan usaha dengan“SKNOMOR19/BH/PERINDAKOP&PMD
518/V/2002/10 MEI 2002”. Usahanya pun meningkat berupa kesejahteraan anggota
dan karyawan, program sosial seperti : bakti sosial, program pendidikan seperti
: beasiswa anak anggota dan karyawan yang berprestasi dari ranking 1, 2,
dan 3 dari tingkat SD, SMP, dan SMA, serta
mengadakan training atau seminar sehari.
Kegiatan
operasional KOPKAR PT. KIC meliputi :
1. Pengelolaan
WARKOP ( Warung Koperasi) atau KOPMART. 2. Simpan Pinjam jangka panjang kepada anggota dan karyawan.
3. Pinjaman multiguna BSM dan Danamon Syariah.
Divisi
WARKOP :
1. Sembako
dan barang-barang lain. 2. Jasa pengurusan pajak, STNK, SIM.
3. Rental Mobil
Divisi
Perdagangan :
1. Supplier
ke PT. KIC khusus ATK (Alat Tulis Kantor). 2. Pengadaan alat-alat pemeliharaan.
Pendapatan
Non Operasional :
1. Tabungan 2. Deposito
3. Fee
Bidang-bidang
KOPKAR PT. KIC beserta Sasaran dan Kinerja Performance Indicator meliputi :
No
|
Bidang
|
Sasaran
|
KPI
|
1.
|
Keuangan
|
Meningkatkan
Keuntungan Usaha Koperasi
|
Jumlah
(Volume) & Nilai Transaksi
|
Penyempurnaan
Sistem Administrasi Keuangan
|
Laporan
Keuangan
|
||
2.
|
Pelayanan Anggota
|
Peningkatkankualitas Pelayanan
|
·
Jumalah Waiting List Untuk Pembiayan
·
Keluhan/Komplaint Anggota
|
Kepedulian Sosial
|
·
Pencairan Sumbangan, Tunjangan Untuk Anggota
·
Penggunaan Dana Sosial
|
||
3.
|
Operasional Usaha Koperasi
|
Pengembangan
Usaha
|
Pembentukan
Divisi Usaha Baru
|
Pengelolaan
Usaha
|
Kepuasan
Pelanggan Terhadap Harga & Barang
|
||
Administrasi
|
Tertib
Adminstrasi & Organisasi
|
||
4.
|
SDM
|
Peningkatkan Kualitas SDM
|
·
Peningkatkan Kompetensi Pengurus, Pengelola
·
Peningkatkan Kesadaran Anggota Berkoperasi
|
Sumber :
Bapak Iman Nugraha, sebagai pengurus KOPKAR PT. KIC.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar