Jumat, 04 Oktober 2013

Apa Perbedaan Koperasi di Negara Sosialis dan Negara Kapitalis



Nama: Nurul Aini Handayani
NPM:25212522
Kelas:2EB21

A.    Konsep Koperasi Barat (Kapitalisme)

              Koperasi merupakan organisasi swasta, yang dibentuk secara sukarela oleh orang-orang yang mempunyai persamaan kepentingan, dengan maksud mengurusi kepentingan para anggotanya serta menciptakan keuntungan timbal balik bagi anggota koperasi maupun perusahaan koperasi.


Unsur-unsur positif koperasi barat :
1.      Keinginan individu dapat dipuaskan dengan cara bekerjasama antarsesama anggota, dengan saling membantu dan saling menguntungkan. 
2.      Setiap individu dengan tujuan yang sama dapat berpartisipasi untuk mendapatkan keuntungan dan menanggung risiko bersama.
3.      Hasil berupa surplus/keuntungan didistribusikan kepada anggota sesuai dengan metode yang telah disepakati.
4.      Keuntungan yang belum didistribusikan akan dimasukkan sebagai cadangan koperasi.


Dampak langsung koperasi terhadap anggotanya :
a.       Promosi kegiatan ekonomi anggota.
b.      Pengembangan usaha perusahaan koperasi dalam hal investasi, formasi permodalan, pengembangan SDM, pengembangan keahlian untuk bertindak sebagai wirausahawan dan bekerjasama antar koperasi secara horizontal dan vertical.


Dampak tidak langsung koperasi terhadap anggotanya :
a.       Pengembangan Kondisi sosial ekonomi sejumlah produsen skala kecil maupun pelanggan.
b.      Mengembangkan inovasi pada perusahaan skala kecil.

c.       Memberikan distribusi pendapatan yang lebih seimbang dg pemberian harga yang wajar antara produsen dengan pelanggan, serta pemberian kesempatan yang sama pada koperasi dan perusahaan kecil.

B.     Konsep Koperasi Sosialis
1.    Koperasi direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah dan dibentuk dengan tujuan merasionalkan produksi, untuk menunjang perencanaan nasional.
2.     Menurut konsep ini, koperasi tidak berdiri sendiri tetapi merupakan subsistem dari sistem sosialisme untuk mencapai tujuan-tujuan sistem sosialis-komunis.


Perbedaan Koperasi di Negara Kapitalis dan Negara Sosialis

1. Koperasi Kapitalis : Setiap keinginan individu dapat dipuasakan dan  setiap individu mempunyai tujuan yang sama dengan cara berpartisipasi untuk saling membantu, saling menguntungkan dan menanggung resiko bersama-sama.

2. Koperasi Sosialis : Koperasi yang tidak berdiri sendiri, namun direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah dan dibentuk dengan tujuan merasionalkan produksi, dan mencapai tujuan-tujuan sistem sosialis-komunis.
 

 Sumber : 
http://baharizky.blogspot.com/2011/12/koperasi-yang-dijiwai-oleh-kapitalisme.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar